Selasa, 15 September 2015

pumpkin donut aka donat labu kuning







biasanya ketika pikiran rungsing pelampiasan saya adalah dapur.
yuppp apalagi kalo lagi kesel,pasti langsung deh bikin rerotian.
enak deh  nguleni pas  lagi kesel,adonan di uyel-uyel gemez gitu,mjadi cepet kalis deh.
hahhahha
tapi kali ini bukan karena lagi kesel aku buat donat ini.Kebetulan sepupuku  dari jawa bawa oleh-oleh.
pas aku buka isinya sambel pecel dan sebuah labu kuning raksasa yang begitu dibelah,..wow sempurna sekali warna kuningnya (ya iyalah)
sebenarnya aku kurang suka labu kuning kalo mengkonsumsinya dalam kondisi fisik yang masih sebenernya (ini aku ngomong opo sih?)
maksudnya kalo cuma dikolak apa direbus gitu aku ndak suka.Pasti aku sulap jadi bentuk lain,entah itu puding,roti atau dadar gulung.
nahhhh,kebetulan pas banget nih dapat labu kan,pas juga lagi ngirit karena dolar lagi mahal-mahalnya suami aku larang keras jajan.
jadi dia dari rumah bawa donat-donat yang menul-menul ini ke tempat kerja.
dan seperti biasa se kotak donat dia cuma kebagian sebiji doang.
and they said...enakkkkk heheheh
oke resep ini bukanlah resep saya ya.aku ambil dari blog mba ricke hanya takaran saja aku ubah sedikit
check this out

PUMPKIN DONUT
by: Ricke Indriani

bahan:
-160 gram puree labu kuning (resep asli 150 gram)
-350 gram tepung terigu serba guna(resep asli 200 prot tinggi + 100 prot sedang )
-25 gram susu bubuk (resep asli 20 gr)
-6 gr ragi instan
-2 sdm fresh cream ( resep asli 50 susu cair dingin)
-2 kuning telur
-30 gram gula pasir
-30 gram butter
-sejumput garam
-1/2 sdt vanila
cara membuat

-buat puree labu kuning dengan cara,kukus labu kuning sampe matang,kerok dagingnya yang berwarna kuning dan dalam keadaan masih panas haluskan dengan cara disaring dengan saringan kawat,timbang sesuai kebutuhan sisihkan,biarkan dingin
-campur bahan kering (kecuali garam) tepung terigu,gula pasir,ragi,vanila,susu bubuk dalam baskom aduk rata
-masukkan kuning telur dan pure labu kuning uleni sampai setengah kalis.
kadar air dalam labu berbeda-beda ya,jika adonan sudah cukup lembek maka fresh cream atau susu cair bisa ditambahkan.Jumlahnya bisa disesuaikan dengan kondisi adonan,hentikan penambahan cairan jika adonan sudah cukup nyaman untuk diuleni
-masukkan butter dan garam, lalu uleni hingga kalis,pindahkan ke dalam baskom yang sudah diolesi minyak goreng,tutup dengan lap basah,diamkan selama kurleb 1 jam atau sampai adonan mengembang 2 kali lipat
-kempiskan adonan,taburi meja kerja dengan sedikit tepung,uleni kembali hingga licin.
-timbang adonan 30-35 gram bulatkan adonan tata di loyang atau meja yang sudah ditaburi tepung,diamkan kembali selama sekurang-kurangnya 20 menit.
-panaskan minyak lalu kecilkan api (kecil banget ya  agar mateng ampe dalem) bisa juga ditambahkan 2 sdm mentega putih agar tidak terlalu menyerap minyak.
-tusuk bagian tengah donat dengan sumpit,masukkan ke wajan lalu putar-putar searah agar mendapatkan lubang yang rapi,lakukan perlahan agar minyak tidak tumpah.Goreng sampai kedua sisi matang.
sebaiknya tidak terlalu sering dibolak balik ya agar tidak terlalu nyerap minyak

selamat mencoba
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar