Minggu, 26 Juli 2015

LAPIS PANDAN

okeeeee
saya ngaku deh,gambarnya bener-bener kurang cantik karena minim garnis.
pas dipotong udah ditungguin sama asisten cantikku yang nemenin tantenya bikin kue dari pagi.
meski bentuknya berantakan,tapi rasanya enak kok.
vika suka,suamiku ssuka,aku juga suka suka suka
sudah lamaaaaa banget aku ga bikin kue ini,mungkin ada kali ya 2 tahun lalu.
gara-garanya kemarin pas lagi ngobrol berdua suamiku nyeletuk
"dulu waktu masih baru nikah aku sampe boseeeenn banget makan kue lapis,..tapi ketika kamu bisa bikin kue yang lain,kue lapis malah dilupakan,kejam"
hahhahhhaahhaha
jadi inget,dulu waktu masih baru nikah,saya hampir sama sekali ga bisa baking.
suami tergolong orang yang suka jajan,maka mau tidak mau saya pun beelajar masak.
nah kue lapis ini tergolong mudah krn waktu itu peralatan perang masak saya belum lengkap.belum punya oven loyang dll.
jadilah tiap hari selang seling,hari ini lapis pandan,besoknya donat,besoknya lagi lapis lagi
hehehehhehe
 pertama buat,suamiku langsung ngabisin seloyang.
tapi karena tiap hari dicekokin kuelapis beliau bosen kali ya.
selang 2 tahun baru deh nanyain.
oke berikut resepnya ya


lapis pandan

bahan
-760 ml santan kental
-125 gula
-sejumput garam
-3 lembar daun pandan,sobek kasar
-140 gram tepung beras
-50 gram tepung sagu
-1 sdt pasta pandan
 
cara membuat
-rebus bersama santan,gula,garam dan daun pandan hingga gula larut dan santan agak mendidih,dinginkan sampai hangat kuku
-siapkan dandang dan loyang uk 10x20 cm,olesi dengan minyak,lapisi dengan plastik bening tebal
-setelah hangat kuku,campurkan tepung beras dan tepung sagu,aduk dan remas-remas dengan tangan sampai adonan menjadi halus dan licin,saring
-bagi adonan menjadi 2 bagian,sebagian lain biarkan putih,dan bagian lainnya ditambahkan pasta pandan
-kukus adonan selapis demi selapis secara berselang seling,saya memulainya dengan adonan hijau,tuang 2-3 sendok sayur per lapisan,kukus selama 2-3 menit sampai adonan set
-jika sudah habis,kukus selama 15 menit,angkat  dinginkan
potong2 jika sudah benar-benar dingin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar