Senin, 16 November 2015

sayur godog






hmmmmm,....lihatlah,betapa meronanya si kuah sayur godog ini.
setiap kali saya masak sayur ini,saya akan langsung teringat sama nenek saya,bukan ke sayur godognya ya tapi ke jumlah panci yang udah dibikin gosong ama nenek saya.
Jadi nenek saya itu kadang-kadang suka nggak mau dimasakin sama ibu atau adek ku,kadang beliau berkecimpung sendiri di dapur,milih sendiri bahannya,masak sendiri dan dimakan sendiri karena jarang ada yang cocok sama selera nenek,
Nah,yang jadi soal itu,setiap kali selesai mbumbuin sayurnya,biasanya simbok (panggilan saya untuk nenek saya ) nunggu sampai sayurnya momot atau tanak betul.
Umumnya sayur akan matang dalam waktu kurang dari lima menit,tapi versi matang menurut simbok itu lain,matengnya sampe si sayur nyampur sama kuah.
Dan sambil nungguin sayurnya jadi matenggg banget itu,simbok nonton tv,kadang sampe ketiduran,bisa kan dibayangkan apa yang terjadi?
sayur itu bukan hanya mateng,tapi sampe jadi areng ama panci-pancinya.
Oleh sebab itulah seketika simbok saya dilarang keras masuk dapur untuk masak,jika pengen sesuatu biasanya adek ku yang masakin.
Nah,kembali ke sayur godog,sayur godog ini seringgg banget dimasak sama simbok.
aku  dulu kurang suka karena sayur godognya simbok itu banyak banget kacang tolo nya,kadang-kadang simbok suka nymeplungin bahan-bahan yang ngga sesuai,contohnya kecipir,ikan mas atau sayuran lainyang menurutku kurang cocok untuk sayur bersantan ini.
Agar nyaman  dimakan akhirnya aku singkirin itu kacang tolo dan sayur-sayuran aneh lainnya.
Nah,berhubung musim hujan,suamiku banyakan di rumah dan agak males keluar.
Kalo udah musim hujan begini biasanya dia hibernasi,bawaannya pengen makan yang berkuah-kuah panas sedep,tapi males keluar buat belinya karena banyak hujan.
Jadi deh aku bikin lontong sayur ddengan sayur godog ini.
Untuk step by step pembuatan lontong next aku share ya,berikut  resepnya

Sayur Godog
ala pipit

Bahan dan bumbu-bumbu
-2 buah labu siam,iris melintang
-1 ikat kacang panjang
-1/2 papan tempe semangit,potong dadu
-500 gram ceker ayam,rebus hingga lunak sisakan 300 ml kaldu,sisihkan
-4 butir telur ayam,rebus hingga matang,goreng hingga berkulit,sisihkan
-800 ml santan encer
 
 Haluskan
-10 buah cabe merah
-5 buah cabe rawit
-7 siung bawang putih
-10 siung bawang merah
-3 butir kemiri
-2 sdm ebi
- 1/4 sdt terasi

lainnya
-rempah daun (daun salam,sereh lengkuas)
-1 1/4 sdt garam
-1 sdt gula pasir
-1 bungkus kaldu bubuk rasa ayam
-penyedap jika suka
- minyak untuk menumis

Cara membuat
-panaskan wajan,tumis bumbu halus dan rempah daun hingga matang dan harum masukkan ceker dan kaldu ayam,masak hingga ceker empuk
-masukkan sayur dan tempe masak hingga sayur layu,kemudian tuangi santan.
-masukkan telur,kemudian bumbui,koreksi rasa
-matikan api,siap disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar