Selasa, 02 September 2014

pecak bandeng bumbu bakar

ikan bandeng memang lezat,tapi duri-durinya itu looohhh bikin males  banget.
karena suamiku sering keselek tulang ikan maka ketika membuat bandeng bumbu pecak ini,aku sengaja mencabut durinya,agak sedikit repot sih,tapi yang penting aman dikonsumsi,:)
untuk cara-cara mencabut duri bandeng,akan aku sertakan dalam postinngan tersendiri ya teman-teman,..
kemaren  pas mau difoto si mas suami udah rewel minta buru-buru digoreng.
sewaktu foto  ini aku post di group,banyak juga yang nanya gimana caranya mencabut durinya tapi setelah aku jelasin mereka malah tambah bingung,yo wis jadi nanti lain kali aku sertakan foto - foto dan step-step nya yaaaa

kembali ke pecak bandeng ya,
aku nggak tahu apakah pecak ini istimewa atau biasa aja,karena aku bukan pecinta ikan otomatis olahan dari ikan aku kurang suka,hanya beberapa saja yang suka itu juga karena ketularan suami.
akan tetapi pecak bandeng ini tergolong sering aku bikin,karena selain mudah rasanya juga sedap
here is the recipe


PECAK BANDENG BUMBU BAKAR

Bahan :

bumbu perendam ikan
~ 1 ekor bandeng ukuran besar
~4 siung bawang putih
~1 sdt garam
~1 sdt kaldu bubuk

~minyak untuk menggoreng
bumbu pecak
~4 buah cabe merah
~5 buah cabe rawit merah
~4 siung bawang merah
~1 siung bawang putih
~1 ruas jahe
~2 buah asam mentah ukuran sedang
~ 1 sdt terasi
~1/2 sdt garam
~1 sdt gula pasir
~1/2 sdt kaldu bubuk
~air pamas secukupnya


Cara membuat:

-bersihkan bandeng,buang sisik dan cabut tulangnya,sisihkan
-haluskan bawang putih,garam dan  kaldu bubuk,kemudian balurkan pada bandeng,diamkan selama 10 menit kemudian goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan
-bakar semua bumbu pecak (cabai,bawang,asam,jahe dan terasi)
kemudian haluskan,,bumbui,siram dengan  air panas secukupnya
kemudian siramkan bumbu pecak ke bandeng sambiol sedikit dibenyek dengan ulekan

selamat mencoba yaaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar