Rabu, 11 Februari 2015

cake marmer jadul





cake marmer jadul.
lega sekali ketika ci Tannia wong posting cake marmer ini,
kali pertama saya membaca komposisinya,saya membayangkan cake marmer yang kaya rasa mentega,moist dan jelas tidak eneg
entah kenapa jika saya membuat kue dengan metode spongecake,tidak peduli berapa banyak kuning telur yang ditambahkan,rasanya jadi sedikit nyangkut di tenggorokan.
adalah ibu saya,yang pertama kali memperkenalkan saya akan kue bolu ini.
ketika masih kecil dulu sering di sela-sela waktu sibuknya mengurus warung ibu membuat camilan ini dengan baking pan jadul andalannya.
rasanya?jangan ditanya,kue itu bantet,tak pernah saya menemukan kue itu mengembang.
tapi sebantet-bantetnya kue buatan ibu,tiap kali saya menggigitnya saya merasa sedang berpesta.
sayang sekali ya,marmer cake yang saya buat ini marmernya tidak terlalu keliatan,ngambang dengan sukses.
tapi saya terpesona di gigitan pertama
kue ini begitu moist,nggak seret dan gurih sekali karena pemakaian lemak yang banyak.saya pun bersyukur bisa mencicipi kue ini lagi,terima kasih ci tannia sudah share dan terima kasih pak yongki untuk resepnya
jika anda ingin mencobanya maka ini resepnya ya


CAKE MARMER JADUL
ala Yongki


Bahan

-6 butir kuning telur
-5 butir putih telur kocok kaku
-300 gram butter + margarin (aku pakai baker's mix)
-250 gram gula castor
-200 tepung prrotein rendah (resep asli 225 gram,tepung aku pake all purpose )
-1/2 sdt vanila susu l'arome
-25 gram susu bubuk
-1/2 sdt baking powder (resep asli tidak pakai)
-25 gram coklat bubuk (aku ga  pakai)
-1 sdt pasta blackforest


CARA MEMBUAT
-ayak bersama terigu,susu,vanila dan baking powder,sisihkan
-kocok gula kastor dan mentega sampai benar-benar lembut dan mengembang,ini penting ya,pengocokan yang tidak sempurna akan membuat telur sulit bercampur atau pecah
-masukkan kuning telur satu persatu sambil dikocok dengan kecepatan rendah
-masukkan campuran terigu,aduk pelan dengan spatula sampai rata
-masukkan kocokan putih telur,aduk rata
-ambil sedikit adonan,campur dengan coklat bubuk dan pasta blackforest
-tuang sebagian adonan putih dalam loyang,timpa dengan adonan coklat,timpa lagi dengan adonan putih lalu buat motif marmer dengan tusuk gigi.
cara ini memungkinkan untuk membuat  marmer  yang sempurna punyaku sih masih acak-acakan ya
-panggang dalam oven 180 derajat selama 30 menit atau sampai matang,lakukan test tusuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar