Minggu, 08 Maret 2015

sambel tumpang







Sambel tumpang.
makanan ini bukan hanya makanan kesukaan.dia juga penyembuh sakit saya lho temen-temen.
dulu aku pernah kena demam berdarah dan harus dirawat  beberapa hari.
selama itu aku ssusaaah banget makan,tapi ketika ibuku bikin bubur pake sambel  tumpang,besoknya aku langsung sembuh (seebenernya sih karena emang udah waktunya sembuh aja sih,hihihihihh )
dulu,waktu masih di Ngawi sambel tumpangnya mbah sutirah sangat fenomenal,saking fennomenalnya,,kalo aku nekat antri sarapan pecel tummpang di dapur sekaligus warungnya  mbah sutirah itu,sudah dipastikan aku telat
saking ramenya
sambel tumpang mbah sutirah memang lain dari buatan ibu.
sambel tumpang yang pedas,kental,bersantan dan kadang-kadang ada petenya,wowwww
sepiring sambel tumpang yyang benar-benar harus  ditebus dengan nggak ikut upacara.
okeh tak berlama-lama lagi,ini resepnya ya

Sambel Tumpang
by:pipit
- 1-2 papan tempe semangit
-500 ml santan
-20 cabe rawit
-10 cabe merah
-10 cabe rawit merah (untuh dicemplungin  utuh-utuhan)
-1 papan pete
-10 buah tahu kulit
-1 ruas kencur
-12 butir bawang merah
-8 butir bawang putih
-10 lembar daun jeruk(5 lembar untuk merebus tempe,5 lembar untuk sambel)
-1 lembar daun salam
-laos
 -gula garam,penyedap sesuai selera (entah kenapa sambel tumpang ini sangat berani   garam,jadi mohon maaf aku nggak memberi takaran pastinya,dalam hal ini aku cemmplang cemplung ya

 Cara membuat
-rebus tempe,cabe,bawang merah,bawaang putih,kencur dan 5 lembar daun  jeruk sampai matang dan empuk,jika sudah matang,buang daun jeruknya,lalu haluskan bersama,kemudian masukkan ke panci
-tuangi santan,masukkan pete,tahu,5 lembar daun jeruk yang baru, cabe utuh,salam,laos rebus sampai mendidih,bumbui
-cicipi rasanya hidangkan dengan nasi panas


semoga suka yaaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar