Minggu, 20 April 2014

CAKE TAPE TANPA MIXER

Baru inget punya tape singkong yang saya beli di abang-abang keliling lusa kemarin.Niatnya sih mau bikin molen,tapi ketika saya melihat tutorialnya di youtube,saya melongo sendiri,tak kuasa saya harus menggilas adonan puff pastry sampai berhari-hari,mungkin saya akan mencoba lain waktu,kalau saya sudah tidak malas lagi.
kebetulan boneka monokorobo saya sedang libur,ditambah Bekasi diguyur hujan deras,jadi deh juragan rumah minta dibuatkan cemilan,langsung saja saya capcus ke dapur.
sebenarnya lebih tepat disebut muffin karena saya membuatnya dengan muffin method yaitu dengan mencampur bahan kering dan bahan basah dan tanpa  menggunakan  mixer sama sekali.
Tapi apalah arti sebuah nama,hehehhhe
untuk  tekstur,cake ini moist,dan jujur tidak  terlalu istimewa,mungkin seharusnya saya menambahkan keju parut.

tapi bagi anda yang ingin mencobanya,here is the recipe




CAKE TAPE TANPA MIXER

Bahan kering ;
-200 gram terigu protein sedang/all purpose flour (aku pakai segitiga biru)
-150 gram gula kastor (tadi saya pakai cuma 130 gram gula pasir yang diblender,dan hasilnya kurang manis)
-1 sdt baking powder (pastikan fresh,cek masa kadaluarsa)
-1/2 sdt soda kue
-1 sdt garam

Bahan Basah
-2 butir telur ukuran besar,kocok lepas
-130 ml minyak goreng atau margarin cair
-60 ml santan instan
-50 ml air
-300 gram tape singkong yang sudah matang tapi jangan terlalu mateng dan berair,nanti kue nya bantat
-1/2 sdt vanila extract


Cara Membuat:

-oles loyang dengan  margarin dan taburi sedikit tepung,sisihkan
-panaskan oven di suhu160C
-dalam sebuah wadah campur bahan kering dan ayak,sisihkan
-di wadah yang laiin,campur semua bahan basah,aduk dengan wisker kemudian  tuang ke bahan kering
-aduk seperlunya saja,tidak usah mengaduk sampai halus karena akan membuat cake menjadi bantat.
-kemudian tuang adonan ke loyang dan panggan selama 1 jam sampai matang,lakukan test tusuk



 oke, gambarnya jelek ya?emangggg
biarin namanya juga nekat,hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar