Jumat, 18 April 2014

pecel dan sepotong nostalgia masa kecil

selamat malam semuanya,...
kemarin ketika saya lewat di gang deket rumah,saya seperti mencium bau kacang tanah   yang "dideplok"
aroma yang sama ketika nenek saya masih aktiif di dunia perpecelan.
pecel sendiri sebenarnya bukan makanan favorit saya.
sewaktu saya masih di ngawi,saya jarang sekali makan nasi pecel,mungkin karena saking banyaknya penjual  pecel di desa saya,karena saking gampangnya didapat itulah pecel jadi kurang spesial.
tapi ketika saya hijrah ke Bekasi,aroma-aroma pecel itu tergantikan oleh nasi  uduk.
maka seketika saya pun  jadi kangen.
lalu segera saya angkat telpon,nanya resep ke nenek saya tetapi jawaban beliau "aku wis pensiun,.dah lupa"
oalah mbah,capek deh.hehehhehe
tapi kemudian saya  nyontek resep punya mba endang,dan untuk rasanya sendiri,miriiiiippp sekali bikinan  embah saya.
bahkan suami saya yang phobia kacang saja sampe angkat empat jempol,dan komen "manteeppp"
resep ini saya cuma mbikin 1/4 nya,untuk resep aslinya ada disini 



PECEL NGAWI
original recipe by :Endang indriani


sambel pecel

-250 gram  kacang tanah
-125 gram gula merah
-100 gram cabe keriting
-5 siung bawang putih
-5 lembar daun  jeruk purut
-2 ruas kencur
-2 sendok makan air asam jawa
-1 sendok makan garam
-1 sdt penyedap (optional)
-minyak   untuk menggoreng

pelengkap

-sayuran rebus
-bakwan
-kerupuk mi


Cara membuat:

siapkan wajan,tuang minyak agak banyak lalu goreng kacang tanah matang,sisihkan.
tuang minyak kedalam wadah,sisakan minyak untuk menumis bumbu.
tumis cabai,bawang,daun jeruk dan kencur sampai layu dan matang,kemudian haluskan,tambahkan garam dan penyedap.
sebenarnya akan lebih mudah jika menggunakan  food processor,akan tetapi karena di rumah hanya ada blender,dan tekstur sambal yang saya inginkan adalah  yang berbutir kasar mirip sambel deplok,maka saya memilih menggunakan cobek untuk menghaluskan kacang dan gula merah,
tuang kacang dan gula merah yang sudah dihaluskan dalam wadah besar,tuang bumbu halus,dan air asam.
aduk agar tercampur rata.



penyelesaian,
tata sayur di piring,sajikan dengan sambal dan pelengkap lainnya

mantepppp





























 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar