Jumat, 25 April 2014

Tekwan

sewaktu saya masih tinggal di rawa panjang,saya sering sekali makan tekwan di gerai rumah makan palembang dekat situ.
rasanya yang segar,smooth dan tidak eneg membuat saya menyukai makanan khas palembang yang satu ini.
seperti kebanyakan makanan khas palembang yang lain,tekwan juga terbuat dari ikan.
pada dasarnya semua ikan laut bisa dibuat tekwan ya,pilih ikan yang bertekstur kenyal dan berdaging putih.
saya menggunakan ikan kakap,karena kebetulan "nemu" ikan kakap di freezer,maka segera saya eksekusi.
saya menggunakan 2 ekor ikan kakap  ukuran kecil yang ketika di fillet jadi seberat 200 gram.
sejujurnya,untuk  rasa sendiri hampiiiirrrr mirip dengan tekwan yang pernah saya makan di restoran Gabby.
oh iya,penggunaan bunga sedap malam jangan di skip ya,bunga sedap malam memberikan rasa segar khas tekwan.
bagi anda yang berminat,here   is  the recipe

TEKWAN

Bahan

Bola ikan
-200 gram ikan berdaging putih (kemarin saya pakai fillet ikan kakap)
-100 gram tepung sagu
-1 putih telur
-4 siung bawang putih
-1 sdt lada bubuk
-1 bungkus kaldu bubuk
-daun bawang iris tipis (optional)
-air yang banyak untuk merebus

Kuah Tekwan

-100 gram   udang(bersihkan kepala dan kulitnya,tetapi jangan dibuang,kita akan menyangrainya untuk membuat kaldu udang)
-5 buah ebi,haluskan
-5 siung bawang putih,cincang halus
-6 siung bawang merah,cincang halus
-100 gram  bengkuang,potong koreng api
-100 gram jamur kuping  segar,iris melintang
-50 gram bunga sedap malam
-2sdt garam
-1 sdt penyedap (optional)
1,5 liter air

pelengkap

-soun
-bawang goreng-
-sambal cabe rawit


Cara membuat

bola ikan
halus ikan ikan  menggunakan blender,kemudian tuang ke dalam wadah,masukan seluruh bahan,aduk rata.
jika adonan terasa   terlalu kalis,anda bisa menambahkan 2- 3 sendok makan air es
kita menginginkan adonan yang lembek,bukan adonan yang kalis.
didihkan air dalam panci,bentuk bola ikan dengan menggunakan 2 buah sendok makan,rebus sampai mengapung,sisihkan.

Kuah
-sangrai kepala dan kulit udang,masukan 1,5 liter air,didihkan,sisihkan.
-tumis bawang merah dan  bawang putih sampai harum,masukan udang,masak sampai berubah warna masukan bengkuang,jamur kuping dan bunga sedap  malam.
tuang air kaldu udang,masukan ebi,didihkan
masukan gula,garam dan kaldu bubuk,cicipi

penyajian

tata bola ikan dan soun dalam mangkok
tuangi dengan kuah tekwan,tambahkan sambal rawit jika suka

sorry for blurry picture,maklum di foto pake kamera hape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar