Senin, 29 Juni 2015

ayam bakar saos tiram

marhaban yaa ramadhaaaann
selamat datang ramadhan,bulan menuju kemenangan
emang agak sedikit telat ya (telat banget malah) greetingnya.
lagi kambuh malesnya buat ngedit-ngedit foto dan mindahin ke laptop.
bulan puasa  tahun ini saya jalani dengan  keriangan,jadi ga terasa laper sama hausnya.
saya jarang bikin takjil.Baik sayab maupun suami memang golongan pemakan yang berat-berat.
kebanyakan sih ya,kalo udah makan takjil udah males makan nasi lagi,hasilnya malem-malem makan deh,abis itu tidur sahur bangun lagi,makan
timbangan makin ke kanan pas idul fitri
tidaaaakkkkk
lalu pada suatuu sore yang gerah dan lagi lemes-lemesnya,pak suami minta dibikinin ayam bakar.
males ngulek bumbunya
males ngungkepnya
males juga bikin sambelnya
akhirnya saya coba-coba memberdayakan aneka saus yang nangkring di rak bumbu
dan rasanya?hmmmmm sangat lumayan


ayam bakar saos tiram

by: pipit

bahan
-4 buah paha ayam (saya pakai setengah ekor aayam bagian bawah)
kerat agak dalam
-4 siung bawang putih,haluskan
-1 sdm saos tiram
-1/2 sdm kecap ikan
-1 sdt kecap inggris
-1 sdm minyak wijen
-2 sdm kecap manis
-1 sdm kecap asin
-1/2 sdt lada
-1 sdt kaldu bubuk

cara membuat
-cuci ayam hingga bersih dan kesat,buat kerat-kerat yang agak dalam agar bumbu dapat merasuk
-campur bumbu dalam wadah
aduk dengan sendok sampai merata
-masukkan ayam,aduk sambil diremas-remas agar bumbu merasuk
-lalu diamkan ayam selama kurang lebih 30-1 jam dalam chiller
-bakar ayam sampai matang
untuk ayam ini,saran saya jangan dibakar di pemanggang teflon,bakalan ga matang karena tanpa diungkep
saya gunakan cobek untuk membakar dan hasilnya matang sampe ke dalem
bakar   hingga matang,sajikan

selamat mencoba



Tidak ada komentar:

Posting Komentar