Sabtu, 10 Januari 2015

udang saus tiram



udah berkali-kali pak suami request udang saus tiram kayak yang di restoran seafood,tapiiii aku nggak bikinin,setiap kali mau bikin pasti aku dah ngiler sama resep lain maka request lelaki hebatku itu masuk ke tumpukan paliinnggg bawah.
sampai suatu hari pagi-pagi buta suamiku berjingkat keluar rumah,meninggalkan aku yang masih terlelap dibawah dekapan selimut hangat.
ketika bangun,aku lihat udang sekantong kresek besar teronggok dengan manisnya dan dengan polosnya dia bilang "mah,aku dah beli udang nya tuh,udah aku bersihin tolong masakin ya"
ya tapi ngga segini juga   kaleeee,udangnya ada dua kilo pemirsa,udah terbayang2 mau dibikin macem2,tapi demi melihat suamiku yang sampe ketekeran sendiri dipasar saya jadi terharu campur malu euy.
minta udang aja ngga dibikin-bikin,sungguh terlalu.
oke,sukup ya cuap-cuap nya *kapan ini nulis resepnya ngoceh bae* hihihihihi

resepnya sangatt simple ya teman,untuk mendapatkan rasa terbaik,jangan ada yang di skip ya,oke here is the recipe


Udang saus tiram ala resto
 by;pipit

bahan:
-350 gram udang besar,bersihkan kerat punggungnya,keluarkan benda menyerupai tali hitam di punggung udang agar tidak amis,sisihkan
-4 buah cabe merah besar
-1/2 butir bawang bombay cincang kasar
-4 siung bawang putih cincang kasar
-sedikit jahe memarkan
-2 batang besar daun bawang
-2 sdm saus tiram
-1 sdm minyak wijen
-1 sdm kecap ikan
-1 sdm kecap inggris
-1 sdt lada bubuk
-1 sdt kaldu bubuk
-1 sdt gula pasir
-1/2 sdt garam
-minyak atau margarin untuk menumis
-air secukupnya
-sedikit tepung maizena untuk mengentalkan

How To :
-tumis bawang bombay,bawang putih,cabe dan jahe sampai harum
-masukkan udang,aduk rata,kemudian masukkan kecap inggris,kecap ikan,minyak wijen,saus tiram,tuangi sedikit air,,biarkan mendidih
-masukkan daun bawang,bumbui dengan gula,garam,kaldu bubuk dan  lada
-kentalkan dengan larutan  maizena
siap dihidangkan deeeeehhhh


aku dulluan ya teman-teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar