Jumat, 17 April 2015

COCO CHIP COOKIES




cookies ini udah aku buat agak lama.Cookies nya aja dah abis,toples dah kosong lagi aja..
tapi baru sempet upload ke blog,.*sungguh keterlaluan dirimu pipit*
tekstur cookies ini agak keras,ngga semua tamu yang maen ke rumah suka.
Tapi aku pribadi sih,suka suka sukaaaaaa
resep aslinya aku pake dari blognya mba Endang  tapi udah aku modifikasi dengan sedemikian rupa sesuai selera aku.
membuatnya sih ngga susah ya,adonan yang terbentuk akan sedikit lengket,untuk memudahkan membentuknya aku masukkan sebentar ke chiller.
karena kemarin bernafsu banget bikinnya aku bikinnya kegedean.Alhasil cookies batch pertama segede-gede gaban.
oke berikut resepnya ya

COCO CHIP COOKIES
by ; endang just try and taste (dengan beberapa  modifikasi)

Bahan :
-250 gram butter  blend kondisi beku (resep asli 210 gram)
-2 butir telur ukuran besar
-300 gram all purpose flour (resep asli 350 gr tepung prot rendah)
-54 gr susu bubuk full cream
-250 gram gula castor (resep asli 275 gr gulpas)
-200 gram coco chip
-25 gr tepung maizena
-100 gram kenari cincang (resep asli ngga pake)
-1 sdt baking powder
-1 sdt vanila susu l'arome
cara membuat
 note: dikarenakan kemarin tetiba hape lowbat dan mati lampu maka  aku buat nggak plek resep aslinya
-panaskan oven 170 letakkan rak pemanggang di tengah
-kocok gula dan telur menggunakan whisker sampai kental dan putih,sisihkan
-dalam wadah,campurkan tepung terigu,susu bubuk,maizena,baking powder dan vanila susu,ayak,sisihkan.
-potong-potong butter blend,daurkan dengan campuran tepung,untuk ini aku menggunakan 2 buah garpu karena aku nggak punya pisau pastry.adonan yang terbentuk akan bergerindil dan berbutir,usahakan untuk tidak terlalu banyak menyentuk adonan dengan telapak tangan.Panas tubuh akan menjadikan mentega meleleh dan membuat cookiesnya kurang crispy.
-masukkan kocokan telur,aduk perlahan  dengan spatula hingga rata,masukkan cocochip dan kenari cincang,aduk rata kembali
-pulung adonan sebesar kelereng,jika adonan terasa lengket masukkan ke dalam  chiller beberapa menit sampai adonan tidak  terasa lengket kala disentuh.
-tata di loyang yang sudah dialasi dengan baking paper dan dioles margarin (aku pake silpat),panggang hingga matang
-tunggu hingga dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah kedap udara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar