Sabtu, 04 April 2015

smooked beef pizza




fyuuuuuhhhh
lama banget ngga ngeblog dan seperti biasa,blognya dah debuan,banyak sawangnya.
sebetulnya karena kesibukan tiada tara akhir-akhir ini (baca:males) saya jadi jarang ngeblog.
foto-foto dah numpuk nunggu diedit sama mbak sotosop,dan sebagian yang lain udah abis diserbu sebelum didokumentasikan.
kadang jadi salah serba ya kalo masak sesuatu ada suami di rumah.
pasti aku dikatain alay gegara motoin makanan sebelum dimakan.apalagi fotoin makanan ngga cukup semenit dua menit,kudu nungging sana nungging sini,ndlosor-ndlosor sampe dapet angle yang mendingan,sementara si juragan yang beta udah ngetukin piring pake sendok sambil memberondong manyun "cepetan napa si,dah laper inih"
hehheh
sudah cukup ya alibi saya yang sangat nggak penting ini.
back to pizza
ini bukan pizza pertama yang saya buat,dulu pernah bikin pizza pas ultah pak suami,tapi karena waktu itu belum "danta" adonan,saya membuatnya kurang elastis dan manggang dengan suhu kurang tinggi,ditambah spices nya yang cuma pake oregano,kebanyakan pulak
jadilah pizza saya waktu itu bisa dibilang gatot.
meski pak suami tetap menghabiskan dengan khidmat,entah karena kasian ama makanannya,entah karena laper,atau karena takut digetok centong ama istrinya.
pizza seloyang ukuran 30 cm itupun abis.
dan besokannya pak suami diare hebat
:( jadi cedih...
tapi lama-lama kan makin bisa dong yya,aku pun bisa bikin aneka macam rerotian,dan pizza benar-benar tenggelam di ingatan terdalam *ah elaahhh*
lalu ketikaa sebelum pindah,aku sempatkan singgah di tbk langganan untuk beli stok bahan kue,karena di rumah baru nanti ngga ada tbk yang lengkap,
sesosok keju mozarella nyempil di chiller,kedinginan dan sendirian maka sepotong mozarella pun pindah ke keranjang.
tapi tetep aja ngga sempet eksekusi karena musti packing dan nyelesaiin utang orderan yang numpuk,bikin farewell cake buat ibu kontrakan dan tetangga-tetangga kontrakan akhirnya pizza kembbali terlupakan.
sampai akhirnya pas ngoprek-ngoprek kulkas lagi,saya nemuin si mbak mozarella ini mojok di chiller kulkas dia lagi-lagi nyempil sendirian dan kesepian.
maka cuzzzz bikin pizza deeeehhh
berikut resepnya ya.
oh iya resepnya saya ambil dari blog nya mbak ricke,menurut saya sih pas lah ya

SMOOKED BEEF PIZZA

bahan:
-150 air
-5 gr ragi instan
-1/2 sdt gula pasir
-250 tepung terigu protein sedang (aslinya di mix sama prot tinggi tapi di rumah lagi ngga ada)
-1/4 sdt garam
-3 sdm minyak sayur (aslinya 1 1/2 sdm tapi aku tambahin a ja)

bahan saus
-2 buah tomat ukuran besar,rebuus dan kupas kulitnya.
Blender halus)
-4 sdm pasta tomat
-4 siung bawang putih,cincang halus
-1/2 buah bawang bombay,cincang kasar
-50 gram jamur kancing, cincang kasar
-50 gram daging sapi giling (resep asli ngga pake,optional)
-1 sdt garam
-1/2 sdt lada bubuk
-1 1/2 sdt gula pasir
- 1sdt mixed herb italian seasoning*
-1 sdm margarin untuk menumis

topping
actually you can put anything you like,tapi kali ini saya memakai
-bawang bombai
-smooked beef
-jamur kancing yang di iris tipis
-150 gram keju  mozarella
-1 sdm minyak sayur untuk olesan

cara membuat

saus tomat
-tumis bawang putih dan bawang bombay hingga  harum,masukan daging cincang,masak hingga daging berubah warna.masukkan tomat yang sudah diblender,pasta tomat,garam,lada,gula pasir dan mixed herb
masak hingga setengah tanak,masukkan jamur masak hingga mendidih meletup-letup dan matang,sisihkan.

pizza crust

kalo mba ricke membuat crust nya ragi dilarutkan terlebih dahulu,tapi karena aku sering banget nemuin si mbak  ragi wafat krn kepanasan maka aku pakai metode  yang bahan kering di campur.
-campur terigu,gula pasir dan ragi dalam baskom,masukan air lalu uleni sampai kalis.Masukkan minyak goreng dan garam,uleni lagi sampai benar-benar kalis dan elastis.
proses ini penting,karena jika kurang kalis ragi tidak akan tercampur baik dan gluten tidak sempurna terbentuk jadi rotinya kurang nyerat.
-bulatkan adonan,tempatkan dalam wadah yang suudah dioles minyaj tutup dengan serbet lembab dan biarkan selama 1 jam sampai adonan mengembang 2 kali  lipat.
-setelah satu jam kempiskan adonan,uleni sekali lagi sampai benar-benar licin dan lentur kembali,
adonan siapp dipakai








penyelesaian
-panaskan oven sammpai 200 derajat
disini aku make otang kesayanganku yang seksi,tidak ada pengaturan suhunya.
aku manasin otang selama 12 menit dengan api besar tanpa membuka pintu ovennya sama sekali ketika dipanasin.
-siapkan loyang,
aku pakai loyang bongpas diameter 28 cm karena  ngga punya pan pizza,pada dasarnya loyang apa saya bisa ya,olesi dengan mentega tipis-tipis
-gilas adonan,bentangkan sammpai memenuhi loyang,ratakan dan rapikan (punyaku ngga rapiiiii)
diamkan selama 10 menit
-olesi dengan minyak goreng .olesi lagi dengan saus tomat hingga rata,sisakan bagian pinggir yang tidak dikenai saus.taburkan 2/3 bagian keju
taburi topping dan kemudian keju lagi
-panggang selama15-25 menit hingga matang
-angkat sajikan hangat






aku sih cuman makan dikit
iya,cuman 3 potong
iihhh malu deh hahhhahaha
sebagian pizza aku bagi ke tetangga baru,sebagian lagi buat pak suami sarapan

selamat mencoba yaaaaaa





Tidak ada komentar:

Posting Komentar