Sabtu, 04 April 2015

pindang ikan mas



biarkan saya bercerita ya,cerita dibalik pindang ikan mas ini.
dulu,kali kecil depan rumah akan meluap kala hujan turun.Aku dan adek-adekku bakalan riang gembira dan rela telat ke sekolah demi panen ikan-ikan kecil yang turut hanyut bersama meluapnya air.
bapak biasa naruh ikrak untuk menjebak ikan-ikan kecil tak berdosa yang harus berpindah dari air kali yang keruh ke piring-piring plastik kami.
saat seperti itulah yang kadang aku rindukan kala hujan mengguyur bekasi.
ikan-ikan kecil itu kami sebut wader,dan jika beruntung ikan bader akan terjaring di ikrak dan kami akan memindahkan ikan-ikan itu ke kolam bundar bekas gilingan tahu sampai kami pulang sekolah dan ibu akan memasaknya untuk kami.
sekali waktu ibu membuat gulai ikan yang begitu enak.saking enaknya sampai tamak dan mengambil dalam jumlah banyak.
bukannya puas makan saya malah kleleken.
si duri ikan nyangkut si tenggorokan sampe seminggu lebih,membuat saya bener-bener ngga bisa makan apa-apa.
sejak saat itu bener-bener jadi ngga suka ikan.
saking ngga doyannya ikan pernah seorang kawan saya yang asli manado ngasih duit 300 ribu untuk ngabisin seporsi ikan gurame
ikannya gede banget,ngeliatnya aja merinding.
mendingan ngga usah deh,hahahahhaah

tapi
setelah mennikah saya harus menerima kenyataan bahwa suamni saya maniak ikan.
hari-hari masak ikan
sampe beneran mau pingsan karena tiap hari harus ketemu makhluk ini.
Tapi tampaknya pak suami tidak bisa memahami ketidaksukaan saya sama ikan.
Dia tetep maksa saya makan ikan dengan sabar.
biasanya ikan cuma  aku goreng aja,tapi lama-lama dia bosan juga.
akhirnya masakan pertama selain ikan goreng adalah pindang ini
rasanya?pak suami sampe angkat jempol
tapi jangan tanya  rasanya ya,soalnya khusus ikan mas,sampe sekarang aku masih enggak doyan.
resep ini sebetulnya hasil ngarang bebas,saya hanya membayangkan bumbunya saja berdasarkan penjelasan suami akan pindang ikan buatan mama mertua.
jadi jika ini bukan pindang yang otentik,harap maklum ya


PINDANG IKAN MAS
by:pipit


bahan
-500 gr ikan mas hidup.bersihkan sisiknya,lumuri garam dan jeruk nipis,goreng hingga matang,sisihkan
bumbu halus
-5 butir kemiri
-1 bonggol bawang putih
-12 siung bawang merah
-1 sdt lada kasar
-1 ruas kunyit
-1 ruang jahe
-rempah daun (salam sereh,laos,daun jeruk)

bahan lain
-1 sdm kecap ikan
-1 1/2 sdt garam
-3 sdm kecap manis
-1/2 sdm gula merah
-1 sdt kaldu bubuk
-1 liter air
-20 batang sereh untuk alas
-minyak untuk menumis

cara membuat
-tumis bumbu halus dan  rempah daun hingga harum,masukkan air bumbui dengan gula garam dll kecuali kecap  manis,biarkan mendidih,matikan api
-cuci bersih dan geprek daun sereh tata dalam panci presto,masukkan ikan

tuangi dengan larutan bumbu tadi,presto selama 30 menit
-matikan presto,tuangi kecap masak kembali tanpa ditutup sampai air tinggal sedikit,jika kurang asin bisa ditambahkan kecap asin
-siap dihidangkan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar